Apa yang menyebabkan komedo?

Koma37.blogspot.com - Komedo adalah kotoran yang terjebak di pori-pori kulit Anda. Komedo bisa muncul terjadi apabila Anda termasuk orang yang jarang membersihkan muka, terutama setelah Anda menggunakan makeup.
Ada beberapa hal yang bisa menimbulkan komedo pada wajah, yaitu usia dan perubahan hormon. Komedo sering muncul saat pubertas, terutama di sekitar hidung dan pipi. Komedo juga bisa menjadi pertanda bahwa ada peningkatan hormon yangdapat memicu produksi minyak di bawah kulit.
Berikut adalah beberapa penyebab lain yang menyebabkan komedo:

  • stres
  • perubahan hormon
  • keturunan
  • kulit yang tidak bersih
  • penggunaan kosmetik
  • rokok
  • minum alkohol
  • konsumsi kafein
Untungnya, komedo adalah masalah kulit yang bisa dicegah dan mudah diatasi. Bahkan, ada banyak bahan yang bisa Anda temukan di rumah yang bisa membantu atasi komedo. 

Bagaimana cara menghilangkan komedo?

1. Baking soda



6 manfaat baking soda untuk kecantikan

Ternyata baking soda  bisa membantu menormalkan ketidakseimbangan pH pada kulit Anda. Baking soda juga bisa membuat kulit-kulit terluar wajah, yang biasanya mengandung sel kulit mati, kotoran, dan minyak, terkelupas dengan mudah. 
Bagaimana cara menghilangkan komedo dengan baking soda?  Anda hanya tinggal mencampurkan dua sendok makan baking soda dan dua sendok makan air. Aduk hingga teksturnya menjadi lembut dan creamy.
Pijat pasta Baking soda ke wajah, bilas dengan air hangat, dan kemudian pastikan untuk mengeringkan wajah sesudahnya. Campuran ini dapat mengeringkan kulit Anda, jadi jangan menggunakannya lebih dari dua atau tiga hari dalam seminggu.

2. Pakai madu dan lemon



lemon dan madu

Gula cokelat, madu, dan jus lemon merupakan campuran bahan scrub untuk pengelupasan kulit yang cukup ampuh hilangkan komedo. Tak sulit kok, untuk membuatnya campurkan satu sendok makan gula jawa, dua sendok makan lemon, dan satu sendok makan madu mentah.
Jika sudah tercampur dengan baik, oleskan ke wajah Anda dengan gerakan melingkar, pijat dalam lima menit sebelum membilasnya dan gunakan pelembab. 

3. Pakai tea tree oil



tea tree oil

Para ahli mengatakan, Anda bisa menggunakan minyak pohon teh atau tea tree oil langsung ke daerah yang terkena, contohnya hidung dan dagu.
Tea tree oil bekerja dengan cara  membunuh bakteri dan kotoran penyebab komedo menumpuk. Tea tree oil  ini tersedia dalam sejumlah produk, seperti sabun dan krim, atau tersedia sebagai minyak esensial.

4. Pakai kunyit dan minyak kelapa



minyak kelapa untuk rambut

Kunyit dapat digunakan sebagai bahan dalam cara menghilangkan komedo. Karena kunyit mengandung sifat antibakteri, antijamur, dan anti-radang. Dr. Pane juga menyarankan, untuk tidak menggunakan kunyit terlalu banyak, karena bisa membuat kulit berwarna kekuningan.
Maka, untuk menggunakannya, ambil satu sendok makan kunyit bubuk asli dan campurkan dengan satu sendok makan air atau minyak kelapa untuk membentuk pasta. Setelahnya oleskan pasta ke wajah yang berkomedo dan diamkan selama 10 hingga 15 menit dan dibilas bersih.



5. Tomat

pixabay.com/Hans
Mengandung likopen yang bersifat anti-oksidan, tomat dipercaya ampuh mencegah dan menghilangkan komedo karena mampu menangkal radikal bebas, dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Dengan rutin menggunakan tomat sebagai masker wajah, pori-pori kulit juga akan mengecil sehingga bakteri tidak mudah masuk untuk membentuk komedo ataupun jerawat.
Bilas tomat hingga bersih lalu tumbuk halus atau blender, kemudian oleskan pada wajah secara merata (terutama pada bagian yang berkomedo). Diamkan selama 30 menit hingga masker mengering, lalu bilaslah dengan air dingin. Lakukan dengan rutin untuk hasil terbaik.

6. Kacang Kedelai

pixabay.com
Kandungan vitamin E yang cukup tinggi membuat kacang kedelai memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit. Kacang kedelai ini juga akan berfungsi sebagai anti-oksidan yang akan melindungi kulit dari bakteri-bakteri jahat.
Siapkan kacang kedelai secukupnya untuk direndam selama 5-10 menit, sambil menunggu cucilah wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Lalu blender kedelai yang sudah direndam hingga halus untuk kemudian dioleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat atau air dingin.

7. Lidah Buaya

pixabay.com/casellesingold
Bahan alami yang satu ini memang sangat populer untuk perawatan tubuh. Bagi yang memiliki kulit berminyak pasti sudah tidak asing lagi dengan khasiat-khasiat yang dimiliki lidah buaya. Mengandung saponin dan astrigent yang berfungsi sebagai zat anti-mikroba dan anti-bakteri, gel lidah buaya akan menjadi bahan pengangkat lemak atau minyak penyebab jerawat dan komedo pada wajah yang ampuh dan aman.
Ambil daun lidah buaya secukupnya dan oleskan gel atau daging dari daun tersebut, kemudian oleskan secara merata ke seluruh wajah. Lakukan pijatan di area wajah yang berkomedo untuk mempermudah pengangkatan komedo saat dibilas, dan diamkan selama 20-30 menit. Bilaslah dengan air hingga bersih.

8. Putih Telur

pexels.com/rawpixelcom
Protein yang terkandung dalam putih telur dapat mengecilkan pori-pori wajah yang terbuka. Kandungan magnesiumnya juga akan menyerap minyak berlebih. Kedua kandungan tersebut sudah pasti akan mengurangi dan menghilangkan komedo yang menempel pada wajah jika rutin digunakan sebagai masker.
Pisahkan 1 atau 2 butir putih telur dari kuning telur, lalu kocok dengan menggunakan garpu agar putih telur tidak terlalu kental. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan ini 2-3 kali seminggu.

9. Teh Hijau

pixabay.com/DukeAsh
Sadar gak belakangan ini semakin banyak brand kecantikan yang menggunakan teh hijau sebagai bahan alami untuk perawat kulit? Itu semua karena kandungan-kandungan yang terdapat di dalamnya memang memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh bagian dalam hingga bagian luar. Kaya akan vitamin E dan anti-oksidan, teh hijau pastinya akan mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab komedo menempel pada wajah.
Tempelkan ampas teh hijau yang sudah diseduh pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat sebelumnya, dan diamkan selama 15-30 menit sampai ampas mengering. Atau cara menghilangkan komedo lainnya adalah dengan membekukan air seduhan teh hijau di dalam cetakan es, dan oleskan pada wajah seduhan teh hijau yang sudah membeku secara merata. Praktis, kan?




Menghilangkan Komedo demi Wajah yang Cantik dan Menarik

Ada banyak cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen yang bisa kamu jadikan Inspirasi. Bagaimana? Kira-kira mana yang akan kamu coba dulu untuk membersihkan komedomu?
Cara manapun yang akan kamu coba, selalu ingat bahwa cara yang alami memang tidak selalu berhasil dalam sekali pakai. Setidaknya, kamu harus rutin melakukannya selama minimal dua atau tiga kali seminggu.
Kalau sudah begitu, jangan lupa untuk menjaga pola makanmu, kurangi makanan yang berlemak, dan jangan sampai malas mencuci muka. Karena akan menjadi hal yang percuma kalau akhirnya kamu komedonya kembali lagi ke wajahmu gara-gara kamu malas membersihkan wajah!

Post a Comment

 
Top