Cara memanjangkan rambut secara alami
gambar by : koma37.blogspot.com

Rambut adalah mahkota wanita. Itu sebabnya memiliki rambut yang sehat merupakan dambaan semua wanita. Meski sekarang rambut pendek menjadi tren, masih banyak juga wanita yang beranggapan bahwa rambut panjang dan tebal bisa mempercantik penampilan. Sayangnya, memanjangkan rambut tidak secepat memanjangkan kuku. Pasalnya, dalam sebulan rambut hanya tumbuh rata-rata sekitar 2 cm saja.


Tapi tenang, Anda masih bisa memilki rambut panjang tanpa perlu melakukan perawatan mahal di salon, kok! Penasaran? Baca terus untuk mengetahui jawabannya.

Cara memanjangkan rambut

Berikut ini beberapa cara sederhana untuk memanjangkan rambut yang bisa Anda coba di rumah.

1. Potong rambut

Banyak yang bilang kalau sering potong rambut maka akan merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut jadi tebal. Nyatanya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, potong rambut tidak membuat rambut Anda langsung cepat tumbuh. Potong rambut dilakukan agar rambut tetap sehat sehingga terhindar dari kerusakan rambut seperti rambut mudah patah dan bercabang. Anda cukup potong bagian ujung rambutnya saja secara rutin. Jadi, Anda tidak perlu memotong rambut sampai pendek.

2. Jangan keramas setiap hari

Ingin rambut cepat panjang? Jangan keramas setiap hari. Keramas setiap hari akan menghilangkan minyak alami yang dihasilkan dari rambut. Nah, jika minyak alami ini hilang, maka rambut akan jadi kering dan tidak tumbuh dengan baik. Untuk membantu pertumbuhan rambut agar cepat panjang, keramaslah setidaknya 2-3 hari sekali.
Selain itu, setelah keramas siramlah rambut dengan air dingin. Pasalnya, air dingin mampu melembutkan kutikula rambut dan mencegah kekeringan serta kerusakan rambut yang sering terjadi karena menggunakan alat pemanas rambut.

3. Gunakan kondisioner setiap keramas

Gunakan kondisioner minimal satu kali dalam seminggu untuk mengganti protein dan lipid yang berangsur menurun dari dalam batang rambut Anda. Selain itu, kondisioner juga membantu menutup kultikula agar tidak terjadi kerusakan lebih parah. Gunakan kondisioner hanya pada ujung rambut, jangan menggunakan kondisioner pada kulit kepala karena dapat menyebabkan rambut mudah rontok

4. Pakai minyak esensial untuk rambut

Nutrisi yang tepat tidak hanya penting bagi kesehatan tubuh, tapi juga penting bagi rambut. Nah, salah satu cara menumbuhkan rambut secara alami adalah mengaplikasikan minyak esensial ke kulit kepala. Tidak hanya menguatkan akar rambut, tapi juga membantu pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat.

5. Mengonsumsi makanan berprotein

Mengonsumsi makanan berprotein juga bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat. Cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif tidak hanya mengutamakan perawatan kecantikan dari luar saja.
Pijit dan masker rambut memang penting, tapi kamu juga perlu memperhatikan makanan jika ingin memiliki rambut yang tebal dan indah.


Tahukah kamu bahwa makanan bisa membuat perbedaan yang besar untuk mempercepat pertumbuhan rambut? Pastikan untuk menambahkan telur, kacang-kacangan, ikan, ayam, dan daging merah ke dalam menu diet seimbang kamu jika ingin memiliki rambut yang indah dan sehat.

6. Menyisir rambut setiap hari selama 1 atau 2 menit

Memanjangkan rambut dengan menyisir secara teratur
Salah satu cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif adalah dengan menyisir rambut setiap hari selama 1 atau 2 menit. Pastikan untuk menyisir rambut setiap pagi dan malam untuk merangsang sirkulasi di kulit kepala.
Selain itu kamu juga perlu memijit kepala dengan lembut. Dengan menyisir rambut perlahan-lahan sebanyak dua kali sehari, setidaknya selama dua menit akan merangsang sirkulasi darah di kulit kepala. Cara memanjangkan rambut ini juga akan membuat penyebaran minyak alami merata di atas kulit kepala.
Sirkulasi darah yang sehat sangat penting bagi folikel rambut untuk bekerja secara efisien dan menumbuhkan rambut sehat yang baru. Namun jangan sekali-kali menyisir rambut pada saat basah, karena akan menyebabkan kerusakan pada rambut.
Gunakan sisir dengan gigi yang lebar atau gunakan sisir khusus dengan ujung yang bulat, halus dan tidak terasa sakit di kulit kepala. Lakukanlah setiap pagi dan malam untuk merangsang sirkulasi di kulit kepala.

7. Memijit kulit kepala setiap kali keramas

Salah satu cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif berikutnya adalah dengan memijit kulit kepala setiap kali keramas. Ketika memijit kulit kepala, lakukanlah dengan lembut. Gunakan jari, pijit dan urut kepala selama satu atau dua menit. Hal ini bertujuan untuk merangsang aliran darah di kulit kepala sehingga akan membantu dalam memanjangkan rambut dengan cepat.

8. Memanjangkan rambut dengan menggunakan jus kentang

Memanjangkan rambut dengan masker kentang
Ternyata, cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif bisa juga menggunakan jus kentang.

Berikut cara cepat memanjangkan rambut dengan masker kentang.

  1. Blender 2 buah kentang besar.
  2. Tambahkan satu sendok makan madu murni dan satu buah kuning telur.
  3. Oleskan campuran ini pada rambut (terutama pada akar rambut).
  4. Tunggu setengah jam, lalu keramasi rambut hingga bersih.

Post a Comment

 
Top