Seperti yang kita ketahui bahwa cara paling “mainstream” untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjadi publisher layanan iklan Pay Per Click. Dalam hal ini, layanan PPC paling terkenal adalah Google Adsense. Dengan sistem dan program yang professional, Google adsense mampu membedakan mana situs yang berkualitas, mana yang tidak. Mana yang curang dengan mengklik iklan sendiri (fraud), mana yang fair. Dengan begini, semua publisher dituntut untuk jujur dan professional sehingga penghasilan dari iklan benar-benar murni dan biasanya kurang optimal. Namun, hal ini tidak akan pernah terjadi jika anda melakukan optimasi pada iklan anda.
Ya, dengan melakukan optimasi pada iklan yang ditampilkan di situs anda, setidaknya klik pada iklan anda akan meningkat sehingga penghasilan juga meningkat. Sebelum lebih lanjut ke optimasi iklan anda, sebaiknya anda pahami dulu apa yang menjadi faktor tinggi-rendahnya jumlah klik iklan di situs anda.

Faktor Penyebab tinggi rendahnya CTR adsense/Iklan PPC

Sejauh yang saya teliti dan analisa, ada 5 hal yang mempengaruhi tinggi atau rendahnya klik pada iklan anda.

1. Topik, Konten & keyword

3 hal ini merupakan faktor utama yang mempengaruhi banyak/sedikitnya klik iklan anda. Alasannya adalah jumlah orang yang tertarik pada topik satu dan yang lain tentu berbeda. Kualitas konten jadi faktor utama mengapa orang mau membaca dan berlama-lama di blog anda. Keyword atau kata kunci menjadi acuan iklan seperti apa yang akan ditampilkan di situs anda.

2. Traffik/Pengunjung

Siapa yang akan mengklik iklan anda? tentu saja pengunjung bukan?. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak potensi klik iklan. Masalahnya adalah, berapa persen pengunjung yang mengklik iklan anda. Hal ini sangat ditentukan oleh karakteristik pengunjung.

3. Desain dan template

Desain dan template blog anda sangat mempengaruhi karakteristik pengunjung. Secara psikologis, sebuah desain dapat mempengaruhi mood dan kenyamanan pengunjung. Selain itu desain juga bisa membuat pengunjung fokus pada area-area tertentu di situs anda.

4. Penempatan iklan

Pengunjung tidak datang ke blog anda untuk mengklik iklan. Penempatan iklan yang baik sangat mempengaruhi potensi klik iklan. Hal ini juga sangat berhubungan erat dengan desain dan template yang anda gunakan.

5. Konten dan Tampilan iklan

Sebaik apapun anda mengoptimalkan ke-4 poin diatas, jika pengunjung membenci iklan anda, apa gunanya?. Jadi, konten dan tampilan juga sangat mempengaruhi Click Through Rate iklan anda.
Nah, setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab tinggi-rendahnya CTR iklan anda, langkah selanjutnya adalah mengoptimasi kelima faktor diatas dengan langkah-langkah berikut ini.

Topik, konten dan keyword

5 tips dibawah ini sebenarnya untuk orang yang belum membuat blognya. Tapi, jika anda sudah terlanjur memilih topik anda, bukan berarti anda harus mengulang. Lakukan saja poin 1 dan 4, dan lewati poin 2 dan 3.

1. Lakukan riset kata kunci

Hal yang paling wajib jika anda membuat situs yang akan dimonetisasi dengan iklan PPC atau google adsense adalah riset kata kunci (Keyword research). Riset ini akan memberikan informasi berapa banyak orang yang menyukai topik-topik tertentu, berapa banyak orang yang mencari dengan kata kunci tertentu di mesin pencari. Anda juga akan mengetahui seberapa banyak pesaing anda. Dengan ini, anda akan tahu topik apa yang paling cocok dan apa yang harus dilakukan kedepannya.
Riset kata kunci juga memberikan informasi seberapa mahal harga klik iklan untuk topik tertentu, yang nantinya akan mengoptimalkan penghasilan anda juga. Anda juga tidak boleh mengabaikan ini. Namun disini saya hanya akan membahas tentang banyaknya klik, bukan harga klik, karena harga klik lebih banyak ditentukan oleh pasar/pengiklan.

2. Pilih topik umum untuk orang awam

Ini sangat berhubungan dengan poin nomor satu. Pilihlah topik untuk orang awam, maksudnya topik yang bisa dinikmati oleh siapapun, baik itu orang tua, remaja, anak-anak, laki-laki, perempuan, pelajar, pegawai, dan sebagainya.Topik yang bagus untuk adsense adalah Teknologi & gadget, kesehatan, olahraga, media sosial hiburan dan sebagainya.
Sebaiknya jangan pilih topik yang pembacanya hanya dari kalangan orang-orang tertentu, misalnya topik desain web. Pasalnya, sudah saya buktikan sendiri dan sangat sulit hehehe #belajardaripengalaman. Alasan saya tidak mengganti topik blog adalah karena saya tidak fokus mengoptimalkan blog ini untuk adsense, tetapi lebih pada personal branding.

3. Topik lebih spesifik

Agak sulit memang, untuk menentukan topik spesifik yang bisa dinikmati oleh siapapun. Alasan mengapa topik anda harus spesifik adalah untuk mempengaruhi konten iklan. Blog dengan topik yang spesifik biasanya akan menampilkan iklan dengan konten bagus, yang bisa meningkatkan potensi klik pengunjung.
Contoh topik spesifik yang bagus misalnya topik spesifikasi dan harga gadget. Untuk mendapatkan topik lain yang lebih bagus, tentu saja lakukan riset kata kunci lagi.

4. Keterkaitan dan relevansi konten

Satu hal penting lain adalah bahasan di blog anda harus saling terkait dan relevan satu sama lain. Semakin relevan satu artikel dengan artikel lain, semakin bagus. Sama seperti nomor 3, ini juga untuk mempengaruhi konten iklan. Tapi yang lebih penting adalah agar pengunjung lebih betah berlama-lama di blog anda, yang berpotensi akan mengklik iklan jika iklan yang muncul sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

Traffik/Pengunjung

Menurut saya, ini adalah faktor yang paling sulit untuk kita optimasi. Pertama, banyaknya pengunjung yang menjadi faktor paling penting adalah hal yang tidak mudah didapatkan. Kedua, tidak banyak pengunjung yang mau mengklik iklan anda. Poin pertama, adalah syarat mutlak yang harus terus anda optimalkan karena bagaimanapun banyaknya pengunjung berbanding lurus dengan penghasilan. Jadi, optimalkan dulu jumlah pengunjung anda, baru lakukan ketiga langkah dibawah ini.

5. Buat pengunjung nyaman

Yap, buat pengunjung nyaman. Jangan sampai mereka meng-close situs kita sebelum mereka membaca konten blog kita. Banyak hal yang bisa membuat pengunjung nyaman. 2 hal yang paling penting adalah konten dan desain, yang mana juga dibahas secara khusus pada artikel ini. Hal lain yang bisa membuat pengunjung nyaman, adalah gaya menulis anda. Tata bahasa yang lugas, jelas tapi santai juga mempengaruhi kenyamanan pengunjung.
Sama seperti poin nomor 4, kenyamanan pengunjung adalah untuk membuat pengunjung berlama-lama di blog kita dan mempertemukannya dengan iklan yang cocok bagi mereka.

6. Pengunjung dari mesin pencari lebih baik

Sumber traffik sebuah blog tentu saja berbeda-beda. Ada yang dari blogwalking, forum, media sosial dan mesin pencari. Dari semuanya, pengunjung yang paling berpotensi untuk klik iklan adalah pengunjung dari mesin pencari. Tanya kenapa? karena kebanyakan dari mereka datang untuk mencari solusi yang mana solusi itu sangat mungkin ada pada iklan kita.
Alasan lainnya adalah mereka benar-benar tidak mengenal kita, sehingga mereka tidak akan segan-segan mengklik iklan jika iklan itu sesuai kebutuhan mereka. Berbeda dengan pengunjung dari blogwalking, forum atau media sosial yang notabene-nya datang karena kita berpromosi baik itu secara terang-terangan maupun tersembunyi. Mereka juga biasanya segan untuk mengklik iklan karena mereka tahu, kalau kita berpromosi.
Jadi, optimalkan pengunjung yang berasal dari mesin pencari dengan optimasi SEO.

7. Karakteristik Pengunjung sangat menentukan

Ketahuilah bahwa karakteristik pengunjung setiap blog berbeda-beda. Ada pengunjung yang rela mengklik iklan karena respek dengan anda yang memberikan konten gratis, ada yang biasa-biasa saja, ada juga yang membenci anda karena ada iklan di blog anda. Semua karakteristik ini ditentukan oleh dari mana mereka berasal, Topik, konten dan desain blog anda, gaya menulis dan sebagainya.
Yang paling menentukan adalah topik blog anda. Blog dengan topik umum seperti kesehatan, olahraga dan pariwisata akan lebih mudah menerima klik iklan ketimbang blog dengan niche bisnis online atau Tips blog. Hal ini karena pengunjung blog dengan topik umum, mereka hanya peduli dengan kebutuhan mereka. Sedangkan, pengunjung blog bisnis online dan tips blog, akan berpikir-pikir dulu sebelum mengklik iklan karena mereka lebih kritis, -dan pelit :p-.

Bagaimana menurut anda? punya pendapat lain? jangan ragu untuk berkomentar. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

 
Top