Bagi sebagian orang misalnya mereka yang seorang blogger, internet marketer ataupun pebisnis online: halaman pertama Google merupakan satu tempat di internet yang mereka anggap sangat penting untuk menunjang karir bisnisnya.
Ya mereka meyakini, ketika sebuah situs tampil di halaman pertama search engine, maka dipercaya bisa mendatangkan banyak trafik untuk website sehingga mampu meningkatkan konversi penjualan
(Menambah Penghasilan) .


Namun, seberapa sulitkah website bisa berada di posisi teratas halaman pertama pada mesin pencari?

Sebelumnya, saya ingin Anda pahami ini:

Hal pertama yang harus disadari tentang mesin pencari Google atau yang lainnya adalah bahwa Google, Yahoo, Bing adalah BUKAN internet.

Hanya karena situs web Anda tidak muncul di Google, bukan berarti tidak ada di internet.

Situs web Anda dapat dipublikasikan langsung di internet tanpa ditampilkan dalam hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu.

Anda harus ingat, setiap mesin pencari mempunyai cara dalam menampilkan situs web :

Google atau yang lainnya memiliki sistem komputer otomatis hebat yang bekerja sepanjang waktu dan secara acak mengunjungi situs web di seluruh jagat internet, mengambil data dari setiap halaman lalu menyimpannya dalam sebuah database yang sangat besar.

Google membaca setiap kata dari konten pada semua halaman web untuk menentukan topik spesifik halaman.

Google menggunakan data yang dikumpulkan ini untuk menentukan halaman web mana yang akan ditampilkan paling atas, urutannya seperti apa, pada setiap pencarian kata kunci tertentu.

Dengan kata lain, algoritma Google secara dinamis menentukan halaman web mana di internet yang paling relevan untuk kata kunci atau frase tertentu dan menampilkannya lebih dahulu.

Kemudian menampilkan halaman relevan kedua, dan seterusnya.

Apabila Anda merasa sedih bahkan sudah memasuki ke tahap menyerah dengan website Anda berarti memang Anda belum mengelola website Anda dengan benar. Sebenarnya ada cara agar website tampil dihalaman pertama google yang mungkin belum Anda terapkan dalam mengelola website.



Berikut ini Cara Agar Website Tampil Dihalaman Pertama Google.
Cara Agar Website Tampil Dihalaman Pertama Google
Gambar by : Koma Tiga


1. Bahwa situs web anda telah diindex google.

Cara memastikannya adalah dengan menuliskan nama situs Anda dalam kotak pencarian.

Contoh: Koma37.blogspot.com

Jika Anda melihat daftar halaman website Anda, itu tandanya Google telah mengindeksnya dan google akan terus merayapi situs Anda untuk melihat setiap pembaruan.

halaman pertama

Tapi, jika ternyata website Anda belum terindeks, coba login pada akun gmail Anda lalu kirim alamat situs melalui link di samping ini : Google Search Console

2. Halaman yang relevan
Anda harus ingat, bahwa Google hanya akan menampilkan halaman web yang relevan dengan kata kunci yang sedang dicari.
Pastikan bahwa artikel halaman web Anda terkait dengan kata kunci yang dimaksud. Jika tidak, kemungkinan Google tidak akan menampilkannya.
Dan satu hal, jika situs web Anda tidak tampil di halaman pertama, tidak berarti postingan/website Anda tidak muncul sama sekali.
Coba cari dan temukan di halaman dua atau halaman-halaman berikutnya.

3. Tema Dan Domain Yang Unik.

Setiap individu yang ingin membuat sebuah website maka wajib menentukan tema atau judul yang akan di fokuskan websitenya setiap kali ingin memulai membuat, hal ini karena fokus pada 1 kata kunci jauh lebih baik dari pada membangun web dengan kata kunci yang beragam karena sudah pasti akan kalah bersain dengan yang hanya berkutat pada keyword yang itu – itu saja yang pastinya akan membosankan.

Kemudian adalah menentukan domain yang khusus dan unik dikarenakan untuk membedakan dengan website yang lainnya. Karena jika nama domain terjadi kesamaan, konten website, ataupun keyword dengan situs website yang lainnya, maka itu akan berdampak pada peringkat website Anda di Google. Yang membuat google kesulitan dalam menampilkan di mesin pencarian.

4. Konten Atau Artikel Yang Berkualitas.

Dengan membuat artikel yang berkualitas dengan isi dan nilai yang berbobot tentunya akan lebih mudah dikenali oleh Google. Anda disarankan setidaknya menciptakan artikel yang terdiri dari 500 kata atau bahkan lebih dari 1000 kata karena semakin panjang konten yang Anda buat akan semakin berkualitas menurut google. Serta pastikan isi tulisan Anda sesuai dengan keyword Anda, jangan menyalah-gunakan keyword Anda untuk sekedar mencari traffic. Pastikan tulisan tersebut adalah kata-kata Anda sendiri dan bukan hasil meng-copy dari website lain. Karena google tidak akan bisa membaca website Anda jika berisi konten plagiat.

5. Template.

Bagian ini sudah masuk pada tata letak dan tampilan dari website yang Anda bangun, namun jangan salah kalau ini juga bagian terpenting yang harus di perhatikan agar website Anda mudah tampil di halaman pertama, terutama tampilannya yang sederhana memiliki kecepatan loading yang tidak lebih dari 5 detik setiap kali di akses.

6. Internal Link.

Buatlah internal link. Internal link merupakan salah satu faktor yang terpenting juga agar website Anda menjadi urutan teratas google, internal link sendiri adalah link penghubung antara satu artikel dengan artikel lain dalam satu website. Dengan Anda menggunakan internal link ini akan membuat website Anda mendapatkan banyak pengunjung. Internal link ini dapat menunjukkan pada mesin pencari dan pengunjung bahwa artikel tersebut ada.

Baca Juga : Cara Cepat Agar Blog Diterima Google Adsense Dengan Mudah

5. Gunakan SEO.

Gunakan SEO dalam setiap konten yang Anda buat. SEO sendiri memiliki singkatan yaitu Search Engine Optimization yang merupakan sebuah proses untuk memengaruhi tingkat keterlihatan sebuah website pada hasil pencarian. Dengan menggunakannya SEO ini, mesin pencarian Google akan menampilkan website Anda ketika pengguna internet mencari sesuatu hal yang berhubungan dengan website Anda. Sehingga website Anda akan tampil di halaman pertama Google.




Nah, itulah cara agar website tampil dihalaman pertama google. Dengan Anda menerapkan cara-cara seperti yang telah dibahas di atas, website Anda dapat menjadi urutan teratas google. Selamat mencoba.

Post a Comment

 
Top